Monday, September 12, 2016

Aksesoris Terpasang pada Tangki Penyimpan (Pressure Protection)

Kita telah membahas aksesoris yang terkait untuk pemantauan level dalam sebuah tangki storage, berikutnya adalah aksesoris sebagai pressure protection pada tangki penyimpan.

========================================================================

Tangki harus dihindarkan baik dalam kondisi vakum maupun over-pressure. Jenis dari aksesuris untuk menjaga tekanan dalam tangki penyimpan bermacam-macam jenis, tergantung daripada isi dari tangki penyiman itu sendiri.


  • Tipe 1 :
Jika tanki berisi bahan yang tidak mudah menguap dan oksigen diperkenankan masuk, bertekanan atmosferic, misalkan : Fire water tank, kita bisa menggunakan venting yang berbentuk seperti gooseneck. Gambarnya seperti dibawah.
Gooseneck vent


Tempat udara keluar masuk biasanya dipasang wire mesh untuk mencegah binatang, misalkan burung masuk ke dalam venting tersebut dan harus dipastikan bahwa tidak ada benda-benda yang menempel, misalkan kertas atau plastic. Hambatan sirkulasi udara dalam tangki bisa menyebabkan hal yang fatal.

  • Tipe 2:
Jika oksigen tak diijinkan untuk masuk ke dalam tangki, misalkan demin water. O2 tidak diijinkan ada dalam suatu peralatan proses dikarenakan ia bisa menyebabkan korosi. O2 juga terkadang tidak diperbolehkan berada dalam bahan kimia, misalkan amine, karena sifatnya yang bisa mendegradasi bahan kimia tersebut. Selain tidak boleh adanya O2, kadang juga ada jenis cairan yang mengandung gas beracun, misalkan air produksi yang masih mengandung H2S.

Banyak hal seperti diatas mengakibatkan kita tidak diperbolehkan untuk menggunakan gooseneck. Alternatif yang digunakan untuk mensubstitusi hal tersebut adalah dengan menggunakan nitrogen.
Istilah yang perlu kita ketahui mengenai pressure protection adalah inbreathing dan juga outbreathing.
-          Inbreathing, sesuai istilah, in = masuk, breathing = pernapasan, artinya tangki membutuhkan supply gas untuk mempertahankan tekanan dalam tangki. Hal ini bisa terjadi, salah satunya dikarenakan adanya penurunan level cairan,
-          
      Outbreathing, kebalikan dari inbreathing, adalah proses untuk mengeluarkan kelebihan gas yang ada dalam tangki. Hal ini bisa terjadi karena adanya kenaikan level cairan.
Untuk perlindungan terhadap tangki ini, biasanya memang digunakan lebih dari satu jenis aksesoris, gunanya adalah saling memback-up satu sama lain. Jika salah satu alat fails, tidak bekerja, maka masih ada alat pelindung lain yang bekerja. Kita akan kupas satu persatu, dari mulai alat yang bekerja pertama kali.

a.       Pressure control valve,
Pressure Control Valve

PCV ini adalah aksesoris pressure protection pertama yang akan bertindak untuk menjaga tekanan dalam tangki. Seperti digambarkan pada skematik diatas, tangki dihubungkan dengan dua unit PCV, satu berasal dari nitrogen supply dan yang satunya menuju ke atmosfer.

Ketika proses inbreathing, tekanan turun, PCV yang berasal dari nitrogen supply akan membuka untuk menjaga agar pressure dalam tangki. Jika melihat dari gambar, PCV di set pada 0.65 kPag. Artinya, aliran nitrogen aan terhenti ketika pressure sudah mencapai 0.65 kPag. Sedangkan, pada waktu outbreathing, tekanan naik, PCV yang menuju ke atmosfer akan terbuka. Pada skematik diatas, menunjukkan PCV akan terbuka ketika tekanan dalam tangki mencapai 1 kPag  Untuk mengetahui apakah PCV tersebut benar bekerja, maka dipasang pressure gauge guna memantau tekanan.

b.      PVRV (Pressure Vacuum Relief Valve) atau breather valve,
Jika PCV sebagai first acting masih belum cukup mampu untuk mengimbangi proses inbreathing dan juga outbreathing tangki. Maka aksesoris yang kedua berikut digunakan sebagai back-up aksesoris yang pertama.
 
Breather Valve
Intinya, jika overpressure, pressure pallet akan membuka, jika low pressure, vaccum pallet yang akan membuka untuk mempertahankan tekanan dalam tangki

c.       PSE (Pressure Safety Element)
PSE ini adalah alat pelindung terakhir terhadap pressure jika PCV dan breather valve telah gagal dalam menjalankan tugasnya. Salah satu contohnya adalah rupture disc.

Di dalam rupture disc, terdapat membran yang menjadi sacrificial part, bagian yang dikorbankan. Membran ini akan merespon terhadap perubahan tekanan, baik dalam kejadian overpressure atau kondisi vakum. Jika salah satu dari kondisi tersebut terpenuhi, maka membrane tersebut akan rusak/robek dan harus diganti. Skematik diagram disajikan dibawah.
Rupture Disk

Selain Rupture disk, jenis PSE yang lain adalah emergency vent. Alat ini prinsipnya sama dengan breather valve, namun memiliki kapasitas yang lebih besar dan sesuai namanya, digunakan dalam keadaan darurat misalkan, terjadi kebakaran disekitar tangki atau ketika breather valve telah gagal bekerja. Video cara kerja bisa dilihat di link youtube berikut https://www.youtube.com/watch?v=1cJ9n8KaHgY

Perlu diingat bahwa memang kegunaan PSE ini ada yang cuma bekerja untuk overpressure relief saja, atau cuma untuk membuang tekanan yang berlebih, dan ada yang bekerja untuk vakum dan sekaligus untuk kelebihan tekanan.

Left : Only overpressure protection                                                    Right : Overpressure and vaccum protection
Kita telah membahas aksesoris yang digunakan dalam tangki penyimpanan dalam kaitannya untuk mengetahui kondisi dalam tangki tersebut. Selain itu, secara fungsional, pada tangki penyimpan juga memiliki beberapa nozzle terpasang yang memiliki fungsinya masing-masing.

Tidak akan kita bahas secara mendetail mengenai fungsi dari masing-masing nozzle. Namun beberapa nozzle yang ada dalam tangki penyimpanan biasanya meliputi :
  •        Nozzle inlet : Nozzle tempat aliran masuk ke dalam tangki
  •            Nozzle outet : Nozzle tempat aliran keluar tangki menuju pompa transfer
  •            Nozzle drain : Nozzle tempat aliran keluar tangki menuju ke tempat pembuangan
  •             Nozzle overflow : Nozzle tempat aliran keluar jika terjadi kelebihan level dalam tangki
  •             Nozzle minimum circulation : Nozzle tempat aliran masuk dari pompa transfer, jika kebutuhan transfer cairan masih minimum.

No comments:

Post a Comment

Leave your comment, any urgent message please mail me !