Wednesday, September 7, 2016

Aksesoris Terpasang pada Tangki Penyimpan (Level Measurement)

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai aksesoris yang biasa terpasang pada tangki penyimpan. Gunanya, salah satunya adalah untuk mengetahui kondisi dalam tangki yang bisa digunakan untuk menjamin segi keamanan tangki dan juga proses.

Untuk mempermudah, kita ambil contoh misalkan adalah tangki penyimpan seperti tergambar pada skematik dibawah :
Instrumentasi pada Tangki Penyimpanan

Gambar skematik di atas adalah sebuah tangki diesel. Kita mulai dengan No. (1). No (1) adalah LZT, level safety transmitter (LZT). LZT ini berfungsi untuk memantau level dan juga dapat mengaktifkan interlock. Bentuk level transmitter seperti gambar di bawah.
Level Transmitter type DP
LZT ini akan mengaktifkan interlock jika kondisinya terpenuhi, misalkan pada gambar di atas, interlock akan aktif jika level mencapai kondisi LLLL atau HHLL. Tanda interlock pada skematik diatas terletak pada poin 1b. Selain LZT, skematik gambar diatas juga mencantumkan level transmitter (LT). Fungsinya sama dengan LT, tetapi ia tidak bisa mengaktifkan interlock.
Sebagai informasi, ada berbagai macam jenis level transmitter, tipe seperti diatas adalah differential pressure (DP). Artinya, dia akan mengkonversi unit pressure yang diterima menjadi bacaan ketinggian. Selain DP, jenis yang lain adalah radar.
LT type Radar, biasa ditaruh diatas tangki, misal pada tangki propane

Level transmitter jenis radar, biasanya dipasang diatas tangki. Ia membuat gelombang, kemudian pantulan gelombangnya diterima oleh receiver. Waktu yang dibutuhkan agar gelombang bisa pulang-pergi inilah yang menjadi basis ketinggian.
Masih dengan aksesoris untuk mengukur ketinggian, kita punya yang no. 3, yakni level gauge (LG). Level gauge adalah alat ukur manual yang bekerja tanpa listrik. Yang banyak digunakan dalam dunia industri adalah magnetic LG. Gambarnya bisa dilihat dibawah.
LG type Magnetis
Jika dilihat sepintas dari gambar diatas, kita bisa mengetahui cara kerja LG magnetis. Di dalam tabung LG terdapat kapsul yang berisi magnet. Kapsul tersebut mengapung jika ada cairan yang mendorongnya. Magnet yang ada dalam kapsul ini akan menginduksi logam yang menjadi penunjuk level, magnetized metal wafers, sehingga ia berputar dari yang mulanya transparan menjadi berwarna merah.

No comments:

Post a Comment

Leave your comment, any urgent message please mail me !