Monday, October 9, 2017

Masuk dan Berkenalan dengan Industri Oil and Gas

Industri Oil and Gas adalah sebuah Industri yang strategis dan berpengaruh terhadap kedaulatan suatu negara. Bagaimana tidak, Oil and Gas merupakan salah satu sumber energi yang tergolong murah dan praktis untuk digunakan. Oil and Gas mudah untuk dipindahkan, disimpan dan digunakan dibandingkan sumber energi lain. 
Mari kita lihat komposisi trend penggunaan oil and gas dalam grafik berikut :
Global Energy Mix
Kita bisa melihat pada grafik tersebut, seiring tahun berjalan, penggunaan oil and gas semakin membesar dan mengalahkan penggunaan biomass dan juga batu-bara. Dari sini kita bisa melihat arti penting industri oil and gas ini.

Dalam bidang apa saja sumber energi oil and gas ini digunakan? 

1. Sektor transportasi 
Hampir secara keseluruhan sangat bergantung dari minyak. Bayangkan, tanpa adanya minyak, arus pergerakan manusia dari satu tempat ke tempat lain akan sangat sulit. Hampir seluruh kendaraan masih mengandalkan minyak sebagai sumber bahan bakar. Bahkan, Mantan Wakil Menteri Energi Sumber Daya Mineral Susilo Siswoutomo pada 2013 sempat berkata, jika Indonesia menghadapi perang, negara kepulauan ini hanya bisa bertahan tiga hari. 

"TNI enggak punya ketahanan energi. Pesawat ada, kapal ada, tapi (tangkinya) tidak bisa diisi dengan air," ujarnya. Sumber : Tirto

2. Sektor kelistrikan. 

Tambahan 35.000 MW pada 2019 seperti tersaji pada tabel disamping masih mengandalkan 36.2% dari bahan bakar gas. Data tersebut diambil dari Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) 2016-2025.

Tanpa adanya listrik, manusia akan sulit beraktivitas. Bisa dikatakan listrik adalah kebutuhan masyarakat modern. Alat-alat rumah tangga banyak menggunakan sumber energi listrik supaya bisa beroperasi. Industri pun membutuhkan listrik untuk bisa menjalankan mesin-mesin. 

Selain dua sektor diatas, masih banyak lagi yang membutuhkan oil and gas tidak sebagai sumber energi, namun sebagai bahan baku. Misalkan industri pupuk, membutuhkan gas sebagai bahan baku pupuk urea, industri petrokimia sebagai bahan baku plastik. Kita juga harus ingat industri lain misalnya peleburan (smelting) yang membutuhkan sumber energi yang tidak sedikit yang juga bisa mengambil sumbernya dari gas.

Kita bisa mengambil kesimpulan dari uraian diatas bahwa industri oil and gas ini merupakan industri yang menguasai hajat hidup orang banyak. Ini berarti keberlangsungan aktivitas sebuah negara ditentukan oleh industri ini selain memang terlepas negara bisa memungut pajak yang besar dari industri ini. Bayangkan saja seumpama jika terjadi kelangkaan BBM atau ada kenaikan harga BBM. Seperti efek berantai, kenaikan harga BBM bisa membuat harga bahan-bahan kebutuhan lain menjadi naik. Maka dari itu, segala sektor strategis di-manage oleh pemerintah guna memenuhi kebutuhan rakyat sebesar-besarnya. Indonesia lewat Pertamina sebagai aktor yang berperan untuk menjalankan bisnis di bidang energi ini demi kesejahteraan bangsa.

Bisnis Oil and Gas bisa dikatakan sebuah bisnis yang sangat penting. Hal ini juga berdampak pada gaji dan fasilitas yang diterima oleh para karyawannya. Berdasarkan berita yang dimuat dalam https://life.idntimes.com/ , yang terbit 15 Agustus 2017, perusahaan yang menggaji tinggi untuk para fresh graduate masih didominasi oleh perusahaan yang bergerak dalam bidang oil and gas. Jadi, jangan heran banyak orang yang ingin masuk ke dalam industri oil and gas. Ini membuat persaingan untuk masuk ke dalam industri ini menjadi sangat tinggi dan sulit.

Banyak lembaga-lembaga yang menawarkan kursus-kursus untuk mempelajari industri oil and gas dengan biaya yang tidak sedikit. Melalui hal ini, ada sebuah hal yang ingin saya bagi untuk belajar oil and gas pada para pembaca, selain blog saya tentunya, yang mengupas mengenai usaha oil and gas ini dari hulu ke hilir secara gratis dan mendapatkan sertifikat. Diharapkan lewat hal tersebut, kita jadi memahami industri oil and gas sehingga mampu menambah daya saing untuk bisa masuk ke dalam industri ini.

Salah satu platform yang bisa kita gunakan untuk belajar mengenai dunia Oil and Gas adalah MOOC. Apakah MOOC ini? MOOC adalah singkatan dari massive open online course. Bisa dikatakan sebagai sebuah platform kursus online dengan jumlah partisipan yang tidak dibatasi dan memiliki akses terbatas melalui WEB. MOOC biasanya dibuat oleh sebuah institusi pendidikan karena diakhir kursus biasanya akan diberikan sertifikat kepada para peserta yang lolos dengan kriteria yang telah ditentukan. Misalnya, telah mengikuti seluruh program kursus atau bisa jadi telah mencapai angka tertentu yang telah dipersyarakatkan melalui rangkaian test yang diberikan.

Khusus bertema Oil and Gas, kita patut bersyukur karena Sekolah Minyak Prancis (IFP School) yang didukung oleh Perusahaan Oil and Gas Prancis, TOTAL, menyelenggarakan MOOC bertema Oil and Gas pada tahun 2017 ini dengan judul “From exploration to distribution”. MOOC Oil and Gas ini merupakan edisi yang ketiga setelah sebelumnya juga diadakan pada tahun sebelumnya. Pada tahun 2017 ini, MOOC ini akan dimulai pada 9 October 2017. Silahkan mendaftar : http://mooc.oil-and-gas.ifp-school.com/

Kenapa harus mengikuti MOOC Oil and Gas ini?

Video teaser MOOC Oil and Gas 2017

MOOC Oil and Gas ini gratis. Tidak dipungut biaya sepeserpun, kecuali biaya yang digunakan untuk akses internet. Sesuai judulnya, "From exploration to distribution", MOOC Oil and Gas akan mengupas Industri Oil and Gas mulai dari hulu ke hilir. Jadi, kita bisa mengetahui jenis kegiatan apa saja dalam Industri Oil and Gas dari mulai eksplorasi hingga distribusi produk Oil and Gas. Dari sini, kita akan mengetahui profesi apa saja yang berperan dalam Industri Oil and Gas ini. Tidak usah khawatir, yang kita dapatkan dalam MOOC Oil and Gas ini adalah materi basic sehingga diharapkan tidak akan terlalu susah untuk dipahami. Selain itu, jika kita mengalami kesulitan dalam MOOC Oil and Gas ini, juga disediakan platform forum untuk bertanya yang bisa dijawab oleh Tutor maupun peserta yang lain.

 MOOC Oil and Gas ini akan berlangsung selama empat minggu dengan topik yang berbeda :

  1. Minggu Pertama, mengupas mengenai pandangan global mengenai energi dimana Oil and Gas memiliki pengaruh yang sangat penting khususnya secara ekonomi. Kita juga diajak untuk belajar mengenai terbentuknya minyak bumi, sehingga bisa membedakan mana sumber hidrokarbon konvensional dan yang tidak.
  2. Minggu Kedua, kita akan diajak untuk belajar mengenai geosains yang diterapkan dalam mencari Oil and Gas dalam perut bumi. Diharapkan kita akan memiliki pandangan mengenai jumlah estimasi jumlah cadangan minyak dan juga pengetahuan akan strategi pengembangan lapangan Oil and Gas.
  3. Minggu Ketiga, minggu ini kita diajak untuk mengetahui operasi pengeboran, lengkap dengan desain sumur dan alat yang digunakan. Selain ini, kita juga belajar proses penyulingan atau refinery dan juga pengetahuan dasar mengenai produksi gas dan pengolahannya.
  4. Minggu Keempat, khusus untuk minggu ini kita belajar mengenai Indutri turunan Oil and Gas, yakni petrokimia dan plastik. Dari sini, kita diajak untuk memahami interaksi antar industri yang terlibat dalam Oil and Gas dari hulu ke hilir, yakni antara Industri penyulingan, petrokimia dan juga Industri Gas. Akhirnya, kita juga diajak untuk belajar mengenai bagian downstream dari Industri Oil and Gas ini, yakni mengenai logistik dan kekhususan dalam hal pemasaran dan juga distribusi produk Oil and Gas ini. 
Jadi, dari uraian diatas, kita bisa mengetahui rangkaian pembahasan dalam MOOC Oil and Gas ini sangatlah lengkap. Dalam tiap minggu, untuk menguji kepahaman para peserta, akan disajikan quiz dalam bentuk Mini Game yang cukup menghibur. Nilai dari Mini Games ini akan dijadikan sebagai syarat untuk mendapatkan Sertifikat sebagai sebuah wujud apresiasi karena kita telah mengikuti program MOOC Oil and Gas ini dengan baik.

PNBP Indonesia 2016
Jangan sia-siakan kesempatan untuk belajar Oil and Gas secara gratis dan mendapatkan sertifikat. Diharapkan program ini akan menambah pengetahuan kita akan industri Oil and Gas sehingga mampu menambah kesempatan kita untuk terjun di Industri ini. Industri Oil and Gas, seperti pernah dibahas dalam tulisan sebelumnya, masih merupakan Industri yang menggaji karyawannya dengan cukup tinggi dibandingkan dengan jenis Industri yang lain. Sayangnya, untuk bisa masuk ke dalam Industri ini sangatlah sulit. Ditambah lagi dengan harga minyak dunia yang masih merosot, Industri Oil and Gas bisa dikatakan mengalami kelesuan. 
Meskipun begitu, Industri Oil and Gas adalah Industri yang strategis. Kebutuhan akan energi dunia akan selalu meningkat karena jumlah manusia akan terus bertambah dari tahun ke tahun. Industri Oil and Gas adalah tumpuan untuk bisa mencukupi kebutuhan energi dunia sehingga turut menentukan segala aspek kehidupan sebuah negara. Mari kita lihat data yang dikeluarkan oleh Katadata di atas, pada tahun 2016, Industri Migas dan Minerba merupakan penyumbang terbesar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). Jadi, secara tidak langsung, dengan bekerja di Oil and Gas, kita juga punya peran penting dalam membangun bangsa yang kita cintai ini.

1 comment:

  1. I think this is an informative post and it is very useful and knowledgeable. therefore, I would like to thank you for the efforts you have made in writing this article. Energy Dais presents the most comprehensive list of the Top Oilfield Drill Bit Companies in India, Middle East, USA & Canada. Choose from a list of 90+ handpicked Drill Bit suppliers and manufacturing companies. oilfield drill bit companies

    ReplyDelete

Leave your comment, any urgent message please mail me !