Saturday, January 18, 2020

Refinery Series (1): Jenis Kilang yang ada di Indonesia

Seri pertama dari tulisan mengenai kilang minyak kali ini akan membahas mengenai dasar pengolahan minyak bumi dan jenis kilang yang ada di Indonesia. Sumber yang penulis pakai salah satunya adalah slide dari pertamina tahun 2015, yang bisa diunduh disini

Seperti pernah dijelaskan pada tulisan pendahuluan, pengilangan adalah sebuah proses untuk memisahkan berbagai macam fraksi yang terkandung dari minyak bumi dan mengubahnya menjadi produk yang berguna. 



Proses kilang bisa dikategorikan ke dalam empat proses untuk menghasilkan produk akhir dari bahan baku minyak bumi, yakni adalah sebagaimana berikut:

1. Separation ==> Proses pemisahan fraksi minyak bumi menggunakan menara distilasi
2. Conversion ==> Proses konversi untuk menghasilkan yield produk yang diinginkan lebih tinggi
3. Treatments ==> Proses penghilangan bahan pengotor yang terkandung dalam minyak bumi
4. Blending ==> Proses pencampuran untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan spesifikasi yang diminta oleh end-user

Berikut adalah salah satu contoh proses yang terjadi pada salah satu unit pertamina yang mengubah minyak bumi menjadi BBM.


Nah, empat jenis proses yang terjadi pada kilang tersebut sesuai dengan alur diagram diatas, bisa dilihat pada tabel berikut:


1. Proses pemisahan terjadi pada step ketiga yakni pada proses distilasi dimana minyak bumi dipisahkan berdasarkan dari titik didih di unit CDU maupun HVU
2. Proses konversi terjadi di step keempat dimana terjadi proses pembentukan produk yang dibutuhkan yang berbeda dari umpan yang dimasukkan. 
3. Proses perawatan terjadi pada step kedua maupun keempat dimana memiliki tujuan untuk menghilangnya adanya mengotor yang bisa mempengaruhi proses dan meningkatkan kualitas.
4. Proses blending atau pencampuran, terjadi pada proses pertama dan terakhir. Pada proses yang pertama untuk menghasilkan umpan yang cocok sesuai dengan desain sistem pengilangan. Pada proses yang terakhir, pencampuran produk untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan spesifikasi.

Kita melihat ada proses pencampuran dari umpan minyak bumi sebelum dimasukkan ke dalam pabrik. Disini, kita bisa melihat bahwa pertamina hanya bisa mengolah jenis minyak dengan spesifikasi tertentu. Hal ini mengindikasikan bahwa desain pabrik pengilangan minyak berbeda antara satu dengan yang lainnya. Pabrik kilang minyak tidak bisa asal menerima minyak bumi dan memprosesnya. Ada spesifikasi tertentu yang harus terpenuhi. Salah satunya adalah kandungan sulfur yang terdapat dalam minyak bumi tersebut. Kilang yang ada di Indonesia, berdasarkan sumber dari slide, hanya bisa memproses umpan minyak bumi yang kandungan sulfurnya rendah atau bisa dikatakan "sweet crude"

Selain itu, karena produksi dari minyak bumi lokal sudah mulai menurun dan porsi impor minyak bumi mulai ditambah untuk menjaga produksi, maka dibutuhkan perubahan desain daripada plant yang sudah ada karena kandungan komposisinya juga berbeda.


Pada bagian selanjutnya, kita akan tarik kebelakang terlebih dahulu untuk mengetahui jenis kandungan dalam minyak bumi sehingga kita mengetahui mengenai secara spesifik bagaimana sebuah proses dalam kilang terjadi.

Keep Stay Tuned 

1 comment:

  1. salam untuk semua orang di forum blog ini, saya ingin memberi tahu Anda semua tentang terobosan keuangan yang ditawarkan pak pedro untuk saya lalui ketika saya kelaparan dengan bisnis dan keluarga saya selama pandemi covid19. saya menemukan mr pedro di blog spot oleh seseorang yang merekomendasikan dia kepada siapa pun yang mencari pinjaman saya sangat bersemangat dan saya juga termotivasi untuk berada dalam posisi kebebasan finansial karena keluarga saya kelaparan, saya menghubungi mr pedro di aplikasi apa yang saya katakan dia kisah hidup saya tentang situasi keuangan dia mengirimi saya formulir aplikasi untuk diisi dengan perincian saya yang saya lakukan kemudian setelah dia mengirimi saya perjanjian pinjaman kemudian saya meneruskannya ke pengacara saya untuk melihat dan memberi tahu saya tentang cara melakukannya kemudian setelah saya menandatangani perjanjian pinjaman setelah itu pinjaman saya disetujui beberapa jam yang lalu bank menghubungi saya untuk transfer dana dan biaya yang harus saya bersihkan di konter bank saya membersihkan biaya yang saya terima pinjaman saya pada hari berikutnya saya membersihkan biaya bank jadi sangat menyenangkan bekerja dengan mr pedro dan saya berterima kasih banyak atas bantuan yang dia berikan kepada saya yang sangat membantu keluarga saya dari kelaparan. hubungi mr pedro di email: pedroloanss@gmail.com atau berbicara dengannya di whatsapp + 1-8632310632 . untuk tanggapan cepat karena dia selalu sibuk tetapi mereka memiliki beberapa rekan kerja tim profesional lain yang bekerja dengannya juga, tetapi saya merekomendasikan mr pedro kepada siapa pun yang mencari bantuan keuangan.

    ReplyDelete

Leave your comment, any urgent message please mail me !