Tuesday, February 19, 2019

Engineering Design: Membuat Simple Flow Diagram

Setiap mahasiswa teknik kimia pasti pernah membuat tugas skripsi Pra Rancangan Pabrik. Salah satu yang menjadi bagian yang harus dikerjakan dalam skripsi ini adalah membuat diagram alir (flow diagram). Tentu saja, diagram alir yang dibuat tidaklah sedetail yang dibuat dalam sebuah proyek. Namun, cukup untuk menjelaskan bagaimana proses yang terjadi dilengkapi dengan perhitungan neraca massa dan energi.

Dalam industri sendiri, flow diagram ini terkadang dibedakan antara Process Flow Diagram (PFD) dan juga Utility Flow Diagram (UFD). Tugas Pra Rancangan Pabrik jarang yang membahas mengenai Utility. Lebih banyak mereka membuat rancangan pabrik dari segi proses. Dari bahan baku A dibuat menjadi produk B. Utility sendiri sebenarnya juga kalau di dalam sebuah proyek biasanya kontraktor hanya menghitung kebutuhan utility untuk menunjang proses. Selanjutnya, untuk segi pemrosesan, mereka mengandalkan dari vendor package, misalkan paket untuk mengolah air raw water menjadi demin water. Yang didesain oleh kontraktor biasanya hanya perpipaan, pompa dan juga tangki sebagai penyimpan.

Sebagai process engineer pun, kita seringkali dituntut untuk bisa membuat diagram alir untuk berbagai keperluan. Misalkan, dalam rangka untuk menjelaskan kepada orang lain bagaimana sebuah sistem bekerja, untuk keperluan commissioning dan lain sebagainya.

Berikut adalah sebuah ADD-INS yang bisa dipasang di Microsoft EXCEL yang berisi berbagai macam alat-alat yang diperlukan untuk membuat sebuah diagram alir. Silahkan donwload ADD-INS tersebut melalui tautan terlampir.

Cara kerjanya adalah langsung klik file Eng_Sketch.xla tersebut, maka akan muncul kotak dialog makro di Excel sebagaimana gambar berikut. 


Klik enable macro untuk melanjutkan. Maka, kita sudah bisa membuat diagram alir dengan menggunakan Excel.

Buka dokumen baru, klik tab "Add-Ins". Klik emoticon senyum, maka akan muncul pilihan alat seperti ditunjukkan pada gambar dibawah.



Misalkan dipilih "Heater",  kemudian klik "Next", maka akan muncul pilihan "Heater" yang tersedia. Tinggal pilih dan tekan "OK" maka akan didapatkan gambar alat tersebut sudah tersedia di halaman Excel.



Dengan cara ini, tentu saja akan sangat menghemat waktu, jika kita ingin membuat diagram alir di platform excel beserta dengan perhitungan yang kita lakukan.

Pada bagian selanjutnya, setelah kita berhasil menggambar diagram alir, maka kita akan melakukan perhitungan desain alat yang diperlukan. Hal ini akan dibahas pada tulisan selanjutnya.   

4 comments:

  1. Kak, add-ins nya udah gabisa dipake ya?
    saya coba di excel 2016 error

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kevin,

      Saya barusan coba dan tidak ada masalah. Kalo error, macrosnya ditutup dulu, baru balik ke excel. Semoga tidak ada masalah.

      Delete

Leave your comment, any urgent message please mail me !