Monday, December 12, 2016

Power Generation : Komponen dalam Gas Turbine Generator

Kali ini saya akan membahas mengenai cara kerja gas turbine generator, atau disingkat GTG. 
GTG, sesuai namanya adalah sebuah turbin yang digerakkan oleh gas hasil pembakaran untuk menghasilkan listrik. GTG ini sering dipakai di proses pengolahan oil and gas upstream karena konsumsi listrik yang besar. Bayangkan saja, pada pengolahan oil and gas upstream, dibutuhkan pompa atau kompresor besar untuk menginjeksi fluida balik ke dalam sumur dalam upaya untuk mempertahankan tekanan dalam sumur. Ingat, pompa atau kompresor tersebut harus bisa melawan tekanan sumur, yang tekanannya bisa lebih dari 100 bar, maka dibutuhkan peralatan dengan kapasitas yang besar pula. Sehingga mendorong konsumsi energi yang juga tinggi   

Gas Turbine Generator
Selain itu, peralatan yang juga mengkonsumsi listrik besar adalah pompa atau kompresor eksport untuk mentransfer produk. Letak plant oil and gas upstream yang biasanya di daerah terpencil membutuhkan pompa atau kompresor yang juga berkapasitas besar untuk dapat mentransfer produk untuk proses pengolahan selanjutnya. Jaraknya bisa mencapai ratusan kilometer. Hingga, acapkali dibangun beberapa stasiun di sepanjang perpipaan untuk meningkatkan tekanan fluida sehingga produk tersebut bisa sampai ke plant selanjutnya.


Dari kesemuanya itu, dibutuhkan sebuah generator listrik skala besar untuk dapat menghidupkan berbagai peralatan tersebut, yakni GTG. Cara lain untuk mengurangi jumlah konsumsi energi adalah dengan mengganti sumber energi, misalkan listrik diganti dengan gas hasil pembakaran, biasanya yang menggunakan cara ini adalah untuk mentransfer gas, atau dipakai engine gas compressor (EGC). Semua pilihan tersebut didasarkan pada desain electrical philosopy plant yang dibangun.

GTG berfungsi untuk memproduksi listrik yang nantinya dipakai oleh alat-alat, semisal pompa, kompressor dll. Mari kita lihat bagian GTG dibawah:
GTG

Pada bagian belakang kita lihat ada beberapa alat yang dijelaskan sebagaimana berikut
  1. Generator, disini energi kinetik dibuah menjadi energi listrik. 
  2. AC Starter, sesuai dengan namanya, alat tersebut merupakan sebuah motor AC yang berfungsi untuk cranking, atau untuk memberikan energi untuk menggerakkan shaft untuk men-start turbin. Nantinya, shaft tersebut akan diputar oleh gas hasil pembakaran. 
  3. Gearbox, menghubungkan antara gas turbine dengan generator. Disini, berfungsi untuk mengurangi kecepatan drive dari shaft gas turbine ke shaft generator.
  4. Gas Turbine, sebuah turbin yang memanfaatkan energi kimia dari bahan bakar, dalam kasus ini yakni diesel atau gas (dual) untuk mengubahnya menjadi energi kinetik dari hasil pembakaran bahan bakar tersebut, kemudian diubahnya lagi menjadi energi mekanikal untuk menggerakkan kompresor, generator dan aksesoris lainnya 
  5. Silencer, berfungsi sebagai peredam suara. Silencer ini terdiri dari plat-plat yang disusun secara seri.
  6. Exhaust stack yang berfungsi sebagai alat untuk mengarahkan gas hasil bakar, flue gas ke atmosfer.
Turbin memiliki dua macam tipe, yakni impulse turbine dan juga reaction turbine. Dan, pada gambar GTG diatas adalah menggunakan reaction turbine. Pada kesempatan selanjutnya, kita akan membahas dua macam tipe turbin tersebut dan penjelasan tiap-tiap komponen yang ada di GTG, hingga akhirnya bisa menghasilkan aliran listrik. Keep stay tuned


   

No comments:

Post a Comment

Leave your comment, any urgent message please mail me !