Monday, April 15, 2013

Aplikasi dari Koloid dalam Dunia Industri


Pembentukan sebuah material, tidak akan pernah lepas daripada ilmu koloid. Saat ini yang sedang popular, meliputi: pengembangan baterai, pembentukan katalis, dan segala ilmu yang berhubungan dengan powder technology, meliputi proses fluidisasi, grinding, crushing, drying dsb.
Beberapa pertanyaan yang harus dijawab ketika berhadapan dengan colloid science
- Bagaimana menciptakan dispersi koloid ?
- Faktor apa saja yang mempengaruhi dispersi ketika ia telah terbentuk? Apakah dia akan tetap terjaga stabil atau tidak?
- Bagaimana agar supaya dispersi tetap berada pada keadaan terdispersi, atau teragregasi?
- Properti khusus apa saja yang bisa kita dapat saat sebuah system berada pada kategori koloid?


Tabel berikut ini berisi tentang summari dari industri mana saja yang memiliki concern terhadap koloid berikut masalah yang sering dihadapi.


Contoh peran koloid dalam bidang industri energi dan makanan.
Bidang Energi
Dalam ekstraksi minyak, terjadi sebuah interaksi komplek antara gaya tegangan permukaan, wettability, dan reologi. Beberapa hal tersebut memiliki pengaruh terhadap efisiensi dimana minyak bisa terambil. Faktanya adalah sangatlah jarang kita bisa mengekstrak minyak lebih dari 50% dari minyak yang terdapat di lapangan. Hal ini menimbulkan sebuah konsekuensi bahwa reward yang tinggi akan kita terima jika kita berhasil menggunakan teknik untuk memperbesar yield dengan cara yang ekonomis. Beberapa metode terkait koloid yang mungkin dilakukan adalah : penggunaan dari surfaktan untuk mengurangi tegangan permukaan air-minyak dan untuk mengurangi gradien tekanan yang dibutuhkan untuk memindahkan minyak. Injeksi daripada surfaktan akan membuat minyak dan air membentuk sebuah emulsi yang nantinya bisa terbawa arus. Penggunaan dari polimer untuk memodifikasi reologi dari proses dan untuk menghambat ‘fingering’, dimana adanya fingering ini akan berakibat pada peristiwa bypass air sehingga tidak semua permukaan reservoir berkontak dengan fluid yang diinjeksikan.

Untuk memindahkan gumpalan minyak yang terjebak dalam sebuah pori, sebuah beda tekanan dibutuhkan. Beda tekanan yang dibutuhkan ini bisa dikurangi dengan cara menurunkan tegangan permukaan

Jika terjadi sebuah bypass dimana air lewat secara paralel melewati gumpalan minyak, pressure drop bisa dinaikkan dengan cara menaikkan viskositas dari fasa aqueous dengan cara penambahan polimer

Minyak yang terekstraksi dari sebuah ‘well’ biasanya mengandung air terdispersi sebagai emulsi yang halus. Peristiwa de-emulsifikasi dari minyak adalah sebuah bagian penting dari semua proses dan proses ini sangatlah tergantung daripada aplikasi teknologi koloid.
Industri minyak juga menyangkut  banyak dalam prosesnya yang berhubungan dengan pembentukan busa dimana bisa sangat menguntungkan atau merugikan tergantung kebutuhan. Pengontrolan dari busa ini merupakan hal yang sangat penting dan memerlukan sebuah aplikasi dari ilmu koloid dan permukaan.
Bidang Makanan  
Gel hadir dalam banyak varietas pada tahap preparasi dan produk akhir dari industri makanan. Konsekuensinya dalam area inilah terjadi banyak interest. Secara tradisional, gel berasal dari bahan alam biologis. Namun saat ini, pembuatan secara sintesis atau modifikasi secara kimia dari bahan biologis natural banyak digunakan dalam industri manufaktur makanan. Beberapa problem yang eksis diantaranya adalah wetting dari fine powder. Sup, kokoa dan bubuk susu yang dikeringkan harus siap terdispersi jika ditambahkan dengan air. Hal ini bisa dicapai dengan dengan penambahan sedikit agen pengemulsifikasi dan pendispersi , yang biasanya berasal dari bahan biologis.
Dalam bidang yang lain, mungkin kita selalu bertanya-tanya, mengapa gel rambut bisa lengket ke tangan kita, sedangkan sampo yang kita gunakan tidak. Bagaimana cara membuat pupuk cair, agar ia bersifat tidak membasahi tanaman, sehingga diharapkan pupuk yang merupakan racun tidak menempel pada tanaman. Semua hal tersebut melibatkan ilmu yang disebut koloid dan kimia permukaan

Disarikan dari D.H. Everett -Basic Principles of Colloid Science-

No comments:

Post a Comment

Leave your comment, any urgent message please mail me !